Harga Emas Naik Terdorong Komentar The Fed

Harga emas naik terdorong komentar The Fed

Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada hari Rabu, 30 Maret 2016 pagi dikarenakan Gubernur Federal Reserve AS Janet Yellen yang mengisyaratkan pendekatan hati-hati untuk kebijakan moneter di negara adidaya tersebut.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April 2016 naik 1,29 persen atau US$ 15,7 menjadi menetap di US$ 1.235,80 per troy ounce.

Logam mulia mendapat dukungan yang sangat dibutuhkannya setelah Gubernur Bank Sentral AS, Janet Yellen, memberikan pidato untuk Ekonomi Club of New York pada hari Selasa waktu setempat. Yellen mengutarakan bahwa The Fed akan berhati-hati dengan waktu kenaikan suku bunga acuannya.

Sejak pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Maret 2016, para pengamat percaya bahwa The Fed akan menaikkan suku utama 0,50 persen ke 0,75 persen pada pertemuan FOMC di bulan Juni mendatang.

Lebih lanjut, emas mendapat dukungan selanjutnya ketika indeks dolar AS turun 0,78% menjadi 95,22 pada pukul 19.00 GMT. Indeks adalah patokan dari dolar terhadap mata uang utama lainnya.

Dikarenakan kondisi ekonomi Amerika Serikat yang diyakini mulai pulih, kalangan bankir menjadi lebih berani mengambil risiko dalam ekonomi yang “bullish”.

Akibatnya, para bankir tersebut lebih berpotensi untuk melepaskan kelebihan cadangan dana mereka dan membanjiri ekonomi dengan uang segar dan menyebabkan inflasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *