Jet Rusia Ditembak, Harga Emas Dunia Naik

Jet Rusia ditembak, harga emas dunia naik

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik pada perdagangan Rabu (25/11/2015) pagi WIB, seiringan dengan melemahnya dollar AS dan ketegangan geopolitik yang mendominasi pasar.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember ditutup naik 7 dollar AS, atau 0,66 persen, pada 1.073,80 dolar AS per ounce.

Logam mulia mendapat dukungan karena meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Turki, setelah Turki menembak jatuh sebuah jet tempur Rusia.

Turki adalah anggota NATO, yang dipimpin oleh pasukan Barat dan telah lama menentang Rusia. Para analis mencatat bahwa ketika ketegangan geopolitik meningkat, investor pindah ke emas yang dianggap sebagai aset safe haven.

Adapun indeks dollar AS turun 0,17 persen menjadi 99,59 pada pukul 19.30 GMT.  Emas dan dollar AS biasanya bergerak berlawanan arah.  Jika dollar AS melemah maka emas berjangka akan naik, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih murah bagi investor.

Sementara perak untuk pengiriman Desember menambahkan 12,7 sen, atau 0,91 persen, menjadi 14,159 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari turun 5,7 dollar AS, atau 0,67 persen, menjadi 841,70 dolar AS per ounce.

Kompas

Satu tanggapan untuk “Jet Rusia Ditembak, Harga Emas Dunia Naik”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *