Tabungan Emas Pegadaian, Investasi Tepat Buat Pemodal Pas-pasan

Investasi emas sekarang gampang dijangkau dari kalangan atas sampai bawah. Buat yang bermodal cekak alias pas-pasan, ada yang namanya tabungan emas.

Apa itu tabungan emas? Meski namanya tabungan, bukan bank yang mempunyai layanan ini, melainkan Pegadaian.

Cara investasi tabungan emas

Mekanisme tabungan ini sangat mudah. Intinya, kita nyetor uang secara rutin untuk mendapatkan emas ke Pegadaian. Berikut ini tahap-tahapnya:

1. Buka rekening

Layaknya di bank, kita harus buka rekening dulu di Pegadaian. Terdapat biaya administrasi dan penitipan emas. Tanyakan ke petugas berapa besarannya sebelum membuka rekening tabungan emas.

2. Setor duit

Duit yang disetorkan minimal seharga 0,01 gram emas menurut kurs emas saat itu. Jika kurs emas 1 gram Rp500 ribu, misalnya, berarti modal kita hanya Rp5.000 untuk bisa berinvestasi emas di tabungan emas ini.

Setelah setoran awal, kita wajib menyetor dana lanjutan secara rutin. Bebas mau setor harian, mingguan, atau bulanan. Yang penting rutin setor dana.

3. Bisa diambil

Menurut aturan Pegadaian, tabungan emas bisa diambil hanya jika nominalnya setara dengan harga 1 gram emas. Jadi, dengan contoh kasus di atas, tabungan bisa diambil jika sudah terakumulasi Rp500 ribu.

Tapi kalau sudah diambil bukan berarti tabungan langsung berhenti. Kita bisa lanjutkan nabung emas, asalkan setor kembali duit sesuai dengan yang sudah diambil.

4. Bisa dicetak

Selain duit tunai, kita bisa juga mengambil tabungan emas dalam bentuk fisik. Jadi, yang kita bawa pulang adalah emasnya. Tapi ada biaya tambahan untuk pencetakan emas ini dan nominal berat emas adalah 5 gram.

2 tanggapan untuk “Tabungan Emas Pegadaian, Investasi Tepat Buat Pemodal Pas-pasan”

  1. Gw salut atas terobosan yg dilakukan Pegadaian. Sangat jeli menciptakan pasar baru. Siapa yg nyangka kalo sekarang bisa nabung emas dgn uang 5000 an. Hebat!!!

    Sekarang semua orang bisa nabung emas!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *