Untung Rugi Investasi Emas

Untung rugi investasi emas

Selama ini orang banyak mengenal emas sebagai logam mulia yang dapat dijadikan sebagai instrumen investasi. Nah apa saja untung rugi ber-investasi emas? Berikut ulasannya.

Kelebihan Emas

Salah satu kelebihan emas adalah tingkat volatilitas emas yang lebih rendah alias relatif lebih stabil. Selain lebih stabil, emas juga relatif lebih likuid. Maksudnya, jika sewaktu-waktu Anda ingin menguangkan emas Anda, banyak pasar atau pembeli yang bersedia menampungnya. Mulai dari tetangga, keluarga,  pegadaian atau toko perhiasan di pasar sekalipun menerima emas Anda.

Lebih lanjut, Bank sentral di dunia seperti di Asia rajin membeli emas sebagai cadangan devisa. Selain Filipina, Bank Indonesia juga rajin mengimpor emas sebagai cadangan devisa.

Kekurangan Emas

Pertumbuhan harga emas kerap kalah dibandingakan instrumen investasi lain. Hal ini terlihat pada perbandingan pertumbuhan harga yang sudah dibahas sebelumnya. Selain itu, pembelian emas juga mengharuskan investor untuk mengeluarkan dana tambahan yakni biaya pembuatan.

Emas juga merupakan instrumen investasi yang sangat buruk pertumbuhannya dalam jangka pendek (short term). Untuk itu, investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jangka panjang (long term).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *